5 Pesantren Rehabilitasi Narkoba di Indonesia

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Anda sedang mencari pesantren rehabilitasi narkoba? Sebagai ikhtiar penyembuhan Anda, keluarga, kerabat, atau teman yang membutuhkan, tentu itu hal yang bagus.

Faktanya, terdapat beberapa pesantren yang memang dibangun khusus untuk menyembuhkan kecanduan narkoba. Upaya pendidikan yang dilakukan berfokus pada perbaikan mental agar menjadi pribadi yang jauh dari barang terlarang tersebut.

Penasaran apa saja pesantrennya? Berikut daftarnya.

Pondok Pesantren Sapu Jagad Kediri

Pesantren rehabilitasi narkoba pertama adalah Ponpes Sapu Jagad. Pesantren ini didirikan oleh Kyai Anom Agus Tuhfatun Nafi atau sering dipanggil dengan Gus Nafi. Beliau mendirikan pondok pesantren ini agar orang yang kecanduan narkoba dan juga orang yang mengalami gangguan mental ini bisa tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingannya.

Peran yang dilakukan pesantren ini dalam kehidupan para santri yang direhabilitasi adalah bimbingan mental spiritual dan soal-soal ibadah. Adapun metode-metode rehabilitasi yang diterapkan disini adalah:

  • Mandi

Menurut Gus Nafi mandi merupakan salah satu ketentuan untuk mensucikan tubuh. Beliau menyebutkan bahwasannya mandi merupakan ketentuan yang harus dilakukan jikalau seorang itu dalam keadaan kotor.

  • Isthigosah

istighosah adalah memohon pertolongan kepada Allah dengan doa/dzikir ketika dalam keadaan sukar dan sulit.

  • Dakwah/Ceramah

Yakni para santri nantinya setiap hari akan mendapatkan berbagai macam ceramah.

  • Wisata Religi

Biasanya wisatanya ke makam para ulama. Wisata religi ini berguna untuk membuat para santri ini untuk merifresh pikiran.

  • Pendekatan Kepribadian

Biasanya para santri diajak berbincang-bincang, para santri yang bisa diajak berbicara nantinya akan ditanyakan kegiatan apa yang mereka sukai. Sehingga nantinya para santri mengalihkan narkoba kepada kegiatan yang merekas sukai.

Adapun alamat lengkap pesantren ini: Jl. Pare Kandangan, Kencong Barat, Kencong, Kec. Kepung, Kediri, Jawa Timur 64293

Pondok Pesantren Ibnu Abbas Tangerang

Selanjutnya adalah Ponpes Bani Abbas. Pesantren rehabilitasi narkoba yang satu ini dipimpin dan didirikan oleh KH Abbas Wahyudin. Tujuan mendirikan pesantren ini adalah untuk membantu pertolongan umat manusia khusus kecanduan narkoba dan gangguan jiwa.

Di pesantren ini Pasien rehabilitasi kecanduan narkoba dan gangguan jiwa paling cepat sembuh hanya dengan waktu sepekan dan jika lama hingga mencapai empat tahun. Pengobatan yang diberikan kepada pasien tersebut berbentuk media dengan berdoa kepada Allah SWT dan memberikan air putih.

Metode tersebut dilakukan, sebab Sang Pendiri berpendapat semua penyakit yang dialami manusia itu atas kehendak Allah SWT. Karena itu, metode berdoa dan memberikan air putih bisa untuk mengobati pasien rehabilitasi kecanduan narkoba dan gangguan jiwa.

Kemudian selain selain menampung pasien kecanduan narkoba dan gangguan mental, pesantren ini juga menyelenggarakan pengajian salafi, di antaranya mengkaji kitab kuning untuk menelaah ilmu fiqh, tafsir, iqro Alquran, nahu, sorof, dan bahasa Arab.

Mengenai biaya pengobatan, tarifnya seikhlasnya saja. Akan tetapi keperluan santri wajib dipenuhi oleh anggota keluarga pasien.

Adapun alamat lengkap pesantren ini: Jl. Jombang Rw. Lele No.56, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414

Pondok Pesantren Nurul Ichsan Al Islami Purbalingga

Pesantren Rehabilitas Narkoba Purbalingga

Berikutnya adalah Ponpes Nurul Ichsan. Pesantren rehabilitasi narkoba ini berdiri pada tahun 2000 yang didirikan oleh KH Achmad Ichsan. Awalnya pendirian pesantren ini bertujuan untuk mendidik orang-orang yang putus sekolah, gelandangan dan orang yang terlantar. Namun sejak tahun 2007 berubah menjadi tempat rehabilitasi dan terapi pecandu narkoba.

Ada beberapa metode dan terapi dalam penyembuhan para pecandu narkoba di pesantren ini. Antara lain:

  • Terapi herbal

Merehabilitasi para santri dengan pemberian ramuan herbal seperti air kelapa, kunyit, kapulaga, daun sirih wulung, kurma ajwa dan madu tawon.

  • Terapi Godhok

Merebus santri ke dalam Gentong yang berukuran besar diameter 57 cm dan tinggi 60 cm. Gentong berisi air direbus dan diberi ramuan daun jambu biji, daun salam, daun kamijara, ragi dan 1 ember air yang diberi doa.

  • Terapi Mandi Malam

Santri mandi mandi ditempat pertemuan tiga aliran sungai: sungai Klawing, sungai Kaligintung dan sungai Kalibanjaran yang ada di Purbalingga.

  • Terapi Lingkungan

Santri diajak ke tempat-tempat rekreasi wisata sebagai tadabbur alam.

  • Terapi Religi

Berdzikir pada waktu setelah sholat maghrib dan sholat isya, kemudian diisi dengan kajian.

Mengenai biayanya, pesantren rehabilitasi narkoba ini menggratiskan biaya hidup seluruh santrinya. Bahkan para santri justru akan diberi uang saku ketika telah purna menjalani proses rehabilitasi.

Adapun alamat lengkap pesantren ini: Jl. Pangeran Jangkung, RT 04 / RW 02, Dusun 2 Karangsari, Karangsari, Kec. Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53371

Pondok Pesantren Suryalaya

PesantrenRehabilitasi Narkoba di Tasik
Kredit Foto: RIO

Selanjutnya adalah Ponpes Suryalaya. Pesantren Suryalaya adalah satu pesantren terbesar yang ada di Tasikmalaya. Sejatinya pesantren yang didirikan oleh Abah Anom ini adalah pesantren umum sebagaimana pesantren lainnya. Hanya saja Suryalaya juga membuat sebuah program pesantren rehabilitasi narkoba bagi para pecandunya yang bernama Inabah.

Metode penyembuhan di pesantren rehabilitasi narkoba Tasikmalaya ini antara lain:

  • Mandi

Lemahnya kesadaran pecandu akibat narkoba bisa dipulihkan dengan mandi dan wudlu. Mandi dan wudlu ini berarti akan mensucikan tubuh dan jiwa sehingga siap untuk ‘kembali’ menghadap Allah Yang Maha Suci.

  • Shalat

Pecandu yang telah disucikan oleh prosesi mandi dan wudlu, kemudian akan diajarkan dan dipandu untuk melaksanakan sholat fardhu dan Sunnah.

  • Talqin Dzikir

Pecandu yang telah pulih kesadarannya, kemudian diajak berdzikir melalui talqîn dzikr. Talqin dzikir adalah pembelajaran dzikir pada qalbu.

  • Pembinaan

Para santri akan dibina secara full selama 24 Jam. Kurikulum pembinaan ditetapkan oleh Abah Anom mencakup mandi dan wudlu, shalat dan dzikir, serta ibadah lainnya.

Disamping kegiatan-kegiatan tersebut diatas, juga diberikan kegiatan tambahan berupa: Pelajaran baca Al-Qur’an, berdoa, tata cara ibadah, ceramah keagamaan dan olah raga.

Saat ini Program Inabah Suryalaya telah tersebar di 13 tempat yang tersebar di Jawa Barat. Adapun alamat pusatnya: Dusun Godebag, RT.01/RW.02, Tanjungkerta, Pagerageung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46158

Pondok Pesantren Qur’an Healing Indonesia Riau

Pesantren Rehabilitasi Narkoba Riau
Kredit Foto: Andi Sidomulyo

Terakhir adalah Ponpes Qur’an Healing. Berdiri pada tahun 2015, pesantren ini menjadi pusat Rehabilitasi pertama di Provinsi Riau dengan mengedepankan pendidikan Spritual berbasis keagamaan.

Dalam menyembuhkan para pecandu narkoba, pesantren rehabilitasi narkoba ini menggunakan metode yang disebut dengan Quranic Healing Tecnique. Metode Quranic Healing Tecnique ini berupa: Ruqyah Syariyah, Hijamah, dan Tazqiyatun Naf/Pembersihan jiwa.

Adapun tahapan programnya antara lain sebagai berikut:

  • Santri bangun jam 02.30 WIB dini hari dan melakukan mandi taubat, sholat sunah syukral, sholat tahiyatul masjid, sholat tahajud, dan sholat witir yang kemudian dilanjutkan Ruqyah Syariyah.
  • Ketika hampir subuh, sholat sunnah qabla subuh, sholat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan Taqiyatun Naf/Pembersihan jiwa.
  • Jam 09.00 WIB mandi pagi dilanjutkan dengan sholat dhuha.
  • Jam 12.00 WIB sholat sunnah qabliyah, dan sholat dhuhur kemudian Mandi Ruqyah dan setelah itu sholat bakdiyah
  • Jam 15.00 WIB semua santri sholat sunnah qabliyah ashar dan sholat ashar secara berjamaah yang dilanjutkan dengan dzikir Petang.
  • Jam 18.00 WIB sholat magrib dan dilanjutkan dzikrullah. Setelah itu sholat ba’da magrib dilanjutkan dengan membaca Al-Quran.
  • Terakhir, sholat qabliyah Isya kemudian sholat Isya dan ba’da Isya dilanjutkan dengan dzikrullah.

Selain kegiatan harian tersebut, terdapat juga program mingguan di pesantren rehabilitasi narkoba ini seperti training mental, bekam, olahraga, dll.

Adapun alamat pusatnya: Jln Tedy Lintam Rt/Rw 07/03, Pematang Tebih, Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau 28557

Demikianlah deretan pesantren rehabilitasi narkoba yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Daftar 500 Pesantren Terbaik di Indonesia

3 pemikiran pada “5 Pesantren Rehabilitasi Narkoba di Indonesia”

Tinggalkan komentar