3 Hadits Tentang Ayah dan Anak Perempuan

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, tentu setiap pasangan ingin dan sangat berharap untuk disegerakan dalam mendapatkan keturunan. Diantara mereka ada yang berusaha dengan rutin melakukan konsultasi ke dokter kandungan, menjalani program kehamilan, dan berbagai usaha lainnya. Namun sayangnya ada juga beberapa pasangan yang enggan memiliki anak. Padahal dalam islam memiliki anak merupakan suatu kehormatan dan memiliki banyak keutamaan. Nah di artikel ini kami telah mengumpulkan beberapa hadits tentang ayah dan anak perempuan.

Semoga bermanfaat ya!

Hadits 1: Keutamaan Memiliki Anak Perempuan

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…:โ€ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ุฃูู†ู’ุซูŽู‰ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฆูุฏู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูู‡ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุคู’ุซูุฑู’ ูˆูŽู„ูŽุฏูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง โ€“ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุงู„ุฐูู‘ูƒููˆุฑูŽ โ€“ ุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ โ€โ€โ€ โ€.โ€ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ ุนูุซู’ู…ูŽุงู†ู ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ุงู„ุฐูู‘ูƒููˆุฑูŽ

Artinya: Dariย Ibnu Abbasia berkata, โ€œRasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa memiliki anak perempuan (atau saudara perempuan), ia tidak menguburkannya hidup-hidup, tidak menghinakannya, dan tidak melebihkan anak laki-laki di atas mereka, maka Allah akan memasukkan dia ke dalam surga.โ€ Utsman tidak menyebutkan lafadz laki-laki.โ€ (HR Abu Dawud)

Isi Kandungan

Dalam hadits ini Rasulullah telah memberi kabar gembira kepada para orang tua, khususnya bagi yang memiliki anak perempuan. Rasulullah menyebut siapa saja yang memiliki anak perempuan akan masuk ke dalam surganya Allah. Hanya saja ada beberapa syarat terlebih dahulu yang harus dilakukan jika ingin masuk ke dalam surga.

Pertama tidak menguburkannya, maksudnya adalah tidak membunuh anak perempuannya. Rasulullah menyebut perintah ini karena dulu di zaman jahiliyah banyak sekali para ayah yang membunuh anak perempuannya, bahkan sahabat Umar bin Khattab pun ketika jahiliyah pernah melakukan hal yang keji ini.

Kedua tidak menghinakannya, maksudnya adalah dengan mengurus dan memperlakukannya dengan manusiawi. Termasuk dalam hal ini adalah dengan tidak merendahkannya, memberikannya nafkah yang baik, berlaku baik terhadapnya, dan memberikan pendidikan terbaik baginya.

Ketiga tidak melebihkan anak laki-laki atas mereka, maksudnya adalah setiap ayah harus memberikan kasih sayang yang sama terhadap setiap anaknya. Ayah tidak boleh menganakemaskan anak laki-laki diatas anak perempuan atau sebaliknya. Setiap ayah harus dapat berlaku adil atas setiap anak-anaknya.

Nah insya Allah jika tiga hal tadi dilakukan setiap ayah, niscaya hal tersebut dapat membawanya menuju surga.

Hadits 2: Terhalang Dari Api Neraka

ุนูŽู†ู ุนูู‚ู’ุจูŽุฉูŽ ุจู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ูุฑูุŒ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู€ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู€ ูŠูŽู‚ููˆู„ูโ€: ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุซูŽู„ุงูŽุซู ุจูŽู†ูŽุงุชู ููŽุตูŽุจูŽุฑูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุฃูŽุทู’ุนูŽู…ูŽู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุณูŽู‚ูŽุงู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽูƒูŽุณูŽุงู‡ูู†ูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุฌูุฏูŽุชูู‡ู โ€“ ูƒูู†ูŽู‘ ู„ูŽู‡ู ุญูุฌูŽุงุจู‹ุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู โ€โ€โ€

Artinya: Dari sahabat Uqbah bin Amir berkata, โ€œAku mendengar Rasulullah Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa yang mempunyai tiga anak perempuan kemudian dia bersabar, memberi makan, minum, dan pakaian dari jerih payahnya, niscaya mereka bagi ayahnya akan menjadi penghalang dari neraka.โ€ (H.R. Ibnu Majah)

Isi Kandungan

Dalam hadits ini Rasulullah mengabarkan bahwa setiap ayah dapat terhindar dari api neraka apabila memiliki tiga anak perempuan. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama bersabar, maksudnya adalah harus sabar dalam menghadapi tingkah polah anak perempuannya.

Kedua memberinya nafkah, nafkah disini berupa memberinya makan dan minuman yang layak. Selain itu setiap ayah juga harus memberikan putri-putrinya pakaian yang baik, dan tentu pakaian tersebut harus yang menutupi aurat.

Ketiga nafkah yang halal, maksudnya adalah setiap makanan, minuman, dan pakaian yang diberikan kepada putri-putrinya harus berasal dari harta yang halal. Setiap ayah tidak boleh memberi nafkah dari hasil perkara-perkara atua pekerjaan-pekerjaan yang telah Allah haramkan seperti riba, korupsi, menipu, mencuri, dan berbagai pekerjaan lainnya.

Insya Allah bagi Anda yang telah memiliki tiga putri dan telah melakukan hal-hal yang disebut hadits diatas, maka dapat terhindar dari api neraka.

Hadits 3: Bersama Rasulullah di Surga

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽู‡ู ุซูŽู„ูŽุงุซู ุจูŽู†ูŽุงุชู ุฃูŽูˆู’ ุซูŽู„ูŽุงุซู ุฃูŽุฎูŽูˆูŽุงุชู ุงุชูŽู‘ู‚ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ูˆูŽุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ูŽู‘ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูŽุนููŠ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ู‡ูŽูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽุฃูŽุดูŽุงุฑูŽ ุจูุฃูŽุตูŽุงุจูุนูู‡ู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู

Artinya: Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œBarangsiapa yang mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan yang bertaqwa kepada Allah Azza Wa jalla, Dan mendidik mereka, maka dia bersamaku di surga seperti ini dan beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan tengah. (HR Ahmad)

Isi Kandungan

Hadits ini hampir mirip dengan penjelasan hadits yang kedua. Dalam hadits ini Rasulullah meberi kabar gembira kepada setiap orang tua yang memiliki tiga anak perempuan bahwa mereka akan bersama Rasulullah di Surga. Meski tidak langsung menyebutkan kabar gembira ini, namun isyarat tangan beliau sudah cukup menjadi sebuah kabar gembira bagi setiap orang tua yang memiliki 3 anak perempuan.

Hanya saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk berhasil bersama Rasulullah di surga kelak. Diantara syaratnya adalah bertaqwa kepada Allah. Maksudnya adalah setiap orang tua harus senantiasa memiliki iman dan taqwa di dalam dirinya. Yang mana taqwa ini harus diinternalisasikan dalam kehidupan berkeluarga.

Kemudian syarat berikutnya adalah mendidik mereka, maksudnya adalah orang tua tersebut harus mendidik tiga anak perempuan tersebut. Memberikan pendidikan terbaik kepada mereka. Mengajari mereka islam dan skill dasar dalam kehidupan. Membimbing mereka dari hiruk pikuknya dunia.

Nah dengan melakukan hal-hal yang sudah disebut di atas bagi orang tua yang memiliki tiga anak perempuan, Insya Allah akan bersama Rasulullah di surganya Allah.

Penutup

Bagaimana sudah cukup jelas mengenai beberapa hadits tentang ayah dan anak perempuan? Semoga dengan membaca dan memahami hadits-hadits ini Anda dapat semakin termotivasi untuk mendidik anak perempuan Anda ke jalan kehidupan yang diridloi Allah. Oh ya jika Anda mengetahui hadits lain tentang ayah dan anak perempuan bisa chat di kolom komentar ya!

Baca Juga:

5 Hadits Tentang Tanggung Jawab: Perintah dan Ancaman

9 Hadits Tentang Jodoh: Ketentuan dan Aturan-aturannya

Tinggalkan komentar