Hizib Autad: Pengertian, Khasiat, Bacaan, dan Tata Cara Pengamalan

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai manusia tentu terkadang Anda akan mengalami kegusaran dan kecemasan di dalam hati. Ketika di dalam posisi seperti itu, tentu hidup Anda menjadi berantakan dan tidak karuan. Karenanya pasti bagi setiap orang akan mencari solusi dari kegundahan yang sedang melanda. Nah, ada salah satu cara yang dapat Anda lakukan ketika dalam posisi seperti itu. Apa itu? Yaitu membaca dan mengamalkan hizib autad.

Apa sih hizib autad itu? Bagaimana bacaan, khasiat dan tata cara pengamalannya? Biar gk penasaran yuk simak ulasan kami berikut ini!

Pengertian

Sebagaimana hizib pada umumnya, hizib autad adalah kumpulan wirid-wirid yang disusun oleh salah seorang ulama. Ulama tersebut bukan sembarang ulama, melainkan ulama yang menjadi rujukan umat muslim sedunia dalam bidang tasawwuf, serta namanya selalu didoakan dalam setiap tawassul kaum nahdliyin. Ya beliau adalah Syaikh Abdul Qadir Al Jailani.

Sedikit mengenal sosok beliau, Syaikh Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun 1077 M yang berteptan dengan tahun 470 H. Beliau merupakan salah seorang ulama besar yang disebut-sebut oleh sebagian orang sebagai waliyullah. Gelar kewalian beliau bukan wali biasa, melainkan sulthanul auliya yang artinya adalah beliau merupakan rajanya para wali.

Sebagai seorang waliyullah, tentu saja keilmuan dan kefaqihan beliau tidak bisa diragukan lagi. Jasa-jasa dan karya beliau masih terus terkenang hingga sekarang. Namanya masih harum dan sering disebut oleh banyak kaum muslimin, khususnya mereka yang mendalami ilmu tasawwuf dan ilmu hikmah.

Semasa hidupnya beliau sangat berjasa bagi perkembangan ilmu islam, khususnya dalam bidang tasawwuf dan tirakat. Beliau adalah pendiri dari tarekat Qodiriyah. Sebuah tarekat yang kini masih eksis dan memiliki banyak pengikut di berbagai belahan dunia.

Banyak karya yang telah beliau hasilkan dalam bentuk kitab, dzikir, hizib dan wirid. Nah salah satu karyanya adalah hizib autad ini. Adapun nama lain dari hizib ini adalah hizib Jaelani. Di dalamnya mengandung rahasia yang keutamaannya begitu dahsyat bagi pengamalnya.

Khasiat

Layaknya hizib yang lain, hizib autad juga memiliki banyak khasiat dan manfaat. Diantara khasiat-khasiat tersebut adalah.

Menentramkan Hati

Khasiat pertama dan juga khasiat utama dari hizib ini adalah dapat menentramkan hati. Insya Allah ketika membaca hizib ini hati Anda akan menjadi tenang dan terbebas dari kegundahan yang sedang melana. Karenanya hizib ini sangat cocok diamalkan oleh Anda yang saat ini sedang gelisah, cemas, risau, dan berbagai masalah hati lainnya yang diakibatkan kehidupan dunia.

Mendapat Pertolongan Allah

Kemudian bagi yang mengamalkan hizib ini, insya Allah akan diberikan pertolongan dan kemudahan dari Allah. Jika Anda saat ini sedang dilanda musibah, tertimpa penyakit, mengalami kecelakaan, hutang yang menumpuk, dan berbagai masalah keduniaan lainnya, maka cobalah untuk mengamalkan hizib ini. Insya Allah, Allah akan memberikan pertolongan dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Melapangkan Rezeki

Jika Anda saat ini rezekinya sedang seret, dagangan tidak laku dan akhirnya merugi, perusahaan yang diambang kebangkrutan, kesulitan mendapatkan pekerjaan, gaji yang tak kunjung naik, mengalami PHK, dsb, maka cobalah mengamalkan hizib ini. Insya Allah ketika Anda istiqomah mengamalkan hizib autad, rizki Anda akan diluaskan dan dilapangkan oleh Allah.

Diselamatkan dari Gangguan Jin dan Manusia

Dalam kehidupan keseharian, tentu saja akan ada yang namanya kawan maupun lawan. Biasanya jika lawan semakin benci kepada Anda, maka dia akan menggunakan akal jahatnya untuk mencelakakan diri Anda. Nah sebagai counter dan pencegah untuk menghadapi hal demikian, maka hizib ini sangat cocok untuk Anda amalkan. Insya Allah ketika Anda rutin mengamalkan hizib ini, Anda akan selamat dari gangguan musuh-musuh Anda.

Bacaan

Ada beberapa redaksi mengenai bacaan hizib ini. Namun kami akan tuliskan redaksi hizib ini berdasarkan apa yang kami dapatkan dari tulisan Gus Mus (KH Mustofa Bisri) di akun instagramnya. Beliau menulis:

اَللهُ الْكَافِى رَبُنَا الْكَافِى

قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى

لِكُلِ كَافٍ كَفَانَا الْكَافِى

وَنِعْمَ الْكَافِى اَلحَمْدُ لِلهِ

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَصِيْرُ

وَكَفَى اللهُ المُؤمِنِيْنَ القِتَالَ2x

آمِيْن آمِيْن آمِيْن آمِيْن آمِيْن يااللّٰه رَبَّ العَالَمِيْنَ

Artinya:

Allah yang mencukupi, Tuhan kita yang mencukupi

Tujuan kita Allah yang mencukupi, Yang kita temukan Allah yang mencukupi

Terhadap segala sesuatunya Allah yang mencukupi, yang memenuhi kebutuhan kita hanyalah Allah

Allah lah sebaik-baik Dzat yang mencukupi, Alhamdulillah segala puji bagi Allah

Dan Allah lah yang mencukupi orang-orang Mukmin dalam pertempuran

Amin, amin ya Rabbal alamin.

Tata Cara Pengamalan

Tata cara mengamalkan hizib autad atau ini dimulai dengan membaca basmalah, sholawat dan fatihah kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, serta fatihah kepada Syekh Abdul Qodir Jaelani, selebihnya tinggal membacanya saja dengan niat untuk berdzikir dan menggapai ridho Allah.

Adapun waktu yang tepat untuk mengamalkannya adalah bisa kapan saja tanpa ada batasan waktu sesuai kemampuan pribadi masing-masing. Misalnya dilakukan setelah sholat, di waktu pagi, siang, sore atau malam hari.

Atau Anda juga dapat mengamalkan hizib autad ini selama 21 hari setiap tengah malam, yaitu setelah sholat hajat atau tahajud. Nah setelah itu Anda dianjurkan untuk mendawamkannya sesudah sholat wajib sebanyak 7, 21 atau 41 kali.

Cara lainnya adalah dibaca 7 hari secara berurutan usai menjalankan sholat lima waktu masing-masing 41 kali. Kemudian, 313 kali menjelang menunaikan ibadah sholat subuh lebih diutamakan karena khasiatnya sungguh besar. Lalu, didawamkan setiap selesai sholat dengan minimal membaca 3 kali.

Bagaimana sudah jelas informasi mengenai hizib autad? Kami sarankan untuk Anda yang ingin mengamalkan hizib ini, untuk mendapatkan ijazah terlebih dahulu sebelum mengamalkan hizib ini ya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Hizib Maghrobi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, & Cara Pengamalan

Hizib Nawawi: Pengertian, Khasiat, Bacaan & Cara Pengamalan

Tinggalkan komentar