Hizib Barqi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, dan Tata Cara Pengamalan

ADVERTISEMENT
X CLOSE
X CLOSE
Advertisements

Sebagai mahluk sosial, setiap manusia tentu setiap harinya akan berinteraksi dengan sesamanya. Baik itu interaksi kepada wanita atau pria, kepada yang tua atau muda, dan kawan maupun lawan. Ketika berinteraksi dengan lawan, biasanya lawan tersebut akan menyerang Anda. Baik itu menggunakan tangannya langsung maupun dengan bantuan jin. Lalu apa yang harus Anda lakukan dalam posisi seperti itu? Anda bisa mencoba untuk mengamalkan hizib barqi.

Apa itu yang dimaksud hizib barqi? Apa saja manfaat dan khasiatnya? Bagaimana tata cara pengamalannya? Biar gk makin penasaran yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian

Tidak berbeda dengan hizib lainnya seperti hizib nawawi, hizib sakron, dan yang semisalnya, hizib ini juga merupakan kumpulan doa atau dzikir yang memiliki khasiat tertentu. Namun hizib barqi ini berbeda dengan kebanyakan hizib pada umumnya. Jika biasanya bacaan hizib itu cukup panjang sehingga sulit dihafal, maka berbeda dengan hizib barqi. Hal ini karena hizib barqi hanya terdiri dari doa yang berbentuk dua nadzom (bait)

Namun meskipun bacaannya pendek, hizib ini termasuk yang sangat sulit dan berat untuk diamalkan. Tidak semua orang mampu menguasai dan mengamalkan Hizib Barqi ini secara sempurna, karena Hizib Barqi ini diambil dari “kidung Jaljalut” yang tidak semua orang mendapatkan keutamaannya, karena sifatnya yang penuh dengan “sirr (rahasia)”.

Bahkan ada sebagian dari pengamal ilmu hikmah, yang menamakan Hizib Barqi ini sebagai Hizib Halilintar. Hal ini karena diambil dari asal kata Hizib ini “Barq”, yang berarti halilintar.

Adapun pengarang dari hizib ini adalah seorang ulama bernama Syaikh Ahmad bin ‘Ali bin Yusuf Al-Buni. Beliau adalah seorang ahli shufi dan pakar ilmu asror (rahasia) Asma dan huruf bermadzhab imam Malik dari Negri Maghrib (Maroko). Beliau lahir di kota Bunah, sekarang masuk pada bagian negara al-Jazair Afrika. Beliau dilahirkan sekitar tahun 520 Hijriyah. Wafat di Mesir pada tahun 622 Hijriyah bertepatan 1225 Masehi. Beliau dikuburkan di al-Qarafah di samping kuburan Syekh Abdul Jalil at-Thahawiy.

Khasiat

Layaknya hizib pada umumnya, hizib ini pun memiliki banyak khasiat. Bahkan khasiat dari hizib ini pun bukan sembarang khasiat, melainkan khasiat yang betul-betul sangat besar. Diantara khasiat dari hizib barqi adalah:

Sebagai Benteng Perlindungan Diri

Jika Anda saat ini sedang mengalami pertengkaran dan permusuhan yang sangat besar dengan lawan Anda, maka hizib ini sangat cocok untuk Anda dawamkan. Insya Allah serangan yang datang dari musuh Anda tersebut, baik serangan fisik maupun metafisik dapat tercounter dengan sendirinya oleh khasiat dari mengamalkan hizib ini.

Melumpuhkan Musuh

Tidak hanya cukup dengan mengcounter serangan musuh Anda, hizib barqi juga dapat melakukan serangan balasan yang memberi efek sangat berbahaya kepada musuh Anda. Dengan atas kuasa Allah, insya Allah hizib ini dapat menjadikan lawan Anda menjadi lemah, gentar, dan bahkan menjadi buta, tuli, bisu, yang sifatnya sementara.

Menambah Kharisma

Apabila Anda kini adalah seorang pengusaha besar yang memiliki banyak bawahan, dosen yang memiliki banyak murid, dai yang memiliki banyak jamaah, pemimpin yang sedang mengatur rakyatnya, maka hizib ini sangat cocok untuk didawamkan dan diamalkan. Insya Allah ketika Anda istiqomah mengamalkan hizib barqi ini, charisma anda didepan orang semakin meningkat. Dan akhirnya anda akan semakin disegani dan dihargai baik oleh kawan dan lawan anda.

Menjadikan Tubuh Lebih Kebal

Khasiat lainnya adalah Anda akan lebih kebal terhadap serangan dan sabetan yang datang menghampiri Anda. Anda insya Allah akan kebal dari sabetan benda tajam seperti pisau, golok, bedog, dan benda tajam lainnya. Namun, dalam pengamalannya harus disertai dengan niat yang baik. Selain itu, juga akan kebal terhadap berbagai serangan ilmu hitam, santet, guna-guna, teluh dan lain-lain.

Bacaan

Adapun bacaan dari hizib ini adalah:

بسم الله الرحمن الرحيم

أشهد أن لا إله إلا الله و أشهد أن محمدا رسول الله

نرد بك الأعداء من كل وجهة     و بالاسم نرميهم من البعد بالشتات

فأنت رجائى يا الهي و سيدى      ففرق لميم الجيش إن رمٰى بي غلت

Artinya: Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Aku bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah.

Dengan nama-Mu kami menolak musuh-musuh dari segala arah. Dengan nama Allah kami melempari mereka dari jauh dengan keceraiberaian.

Engkau adalah tempat aku berharap. Ya Tuhanku dan Tuanku, maka cerai beraikanlah persatuan tentara (musuh), bila mereka bermaksud jahat kepadaku, maka mendidihlah mereka.

Tata Cara Pengamalan

  • Menjalankan puasa mutih selama 7 hari.
  • Saat berbuka puasa tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan yang bernyawa seperti daging hewan, ikan dan telur.
  • Saat menjalankan tirakat puasa, hizib dibaca sebanyak 77 kali ketika maghrib dan 77 kali di waktu subuh.
  • Setelah selesai tirakat, hizib hanya dibaca 3 kali saja sehabis sholat maghrib dan 3 kali usai shubuh.
  • Kemudian dianjurkan sebelum membaca hizib ini untuk membaca terlebih dahulu surat Al-Fatihah yang ditujukan kepada Rasulullah SAW, kemudian Nabi Khidr, Wa Ilyas, malaikat Mukorrobin, Kutubul Aulia, Ruh Wali Songo, kedua orang tua, kaum muslimin dan Khadim, masing-masing satu kali.

Bagaimana sudah jelas informasi mengenai hizib barqi? Kami sarankan untuk Anda yang ingin mengamalkan hizib ini, untuk mendapatkan ijazah terlebih dahulu sebelum mengamalkan hizib ini ya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Hizib Maghrobi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, & Cara Pengamalan

Tinggalkan komentar