Hizib Khofi: Pengertian, Khasiat, Bacaan & Tata Cara Pengamalan

Dalam kehidupan keseharian, setiap manusia tentu memiliki rasa ingin dihormati oleh sesamanya. Hal ini wajar sebab ingin dihormati merupakan salah satu naluri yang ada pada diri manusia. Namun bagaimana jika Anda tidak dihormati dan tidak disegani oleh orang lain? Tentu Anda akan merasa jengkel bukan? Nah agar Anda dihormati dan disegani oleh orang lain, nampaknya Anda mesti mencoba mengamalkan hizib khofi.

Apa itu hizib khofi? Dan bagaimana cara pengamalannya? Penasaran? Yuk kita ulas lebih jauh mengenai hizib yang satu ini.

Pengertian

Sebagaimana hizib pada umumnya, hizib khofi adalah kumpulan wirid-wirid yang telah disusun secara rapih dan terstruktur. Hizib khofi disusun oleh salah satu ulama yang sangat masyhur dalam bidang ilmu hakekat dan tirakat yaitu yaitu Al Imam Al-Wali Al-Ghauts Al-Qutub Asy-Syeikh Abil Hasan Ali atau yang lebih dikenal dengan nama Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzili. 

Beliau adalah pendiri dari salah satu thariqah sufiyah terbesar di dunia, yaitu Thariqah Syadziliyah. Thariqah ini kini telah terbesar di berbagai negeri muslim seperti di Afrika Utara, Mesir, Kenya, dan Tanzania Tengah, Sri langka, Amerika Barat, Amerika Utara, dan tak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia sendiri thariqah ini mulai masuk sejak abad 19 M.

Nah dalam kegiatannya, thariqah ini biasanya melantunkan berbagai hizib-hizib dan doa-doa yang sudah disusun oleh sang pendiri, termasuk hizib khofi. Hizib ini merupakan salah satu amalan yang sering diamalkan oleh para pengikut Thariqah Syadziliyah.

Khasiat

Sebagaimana hizib yang lain, hizib khofi juga memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat. Diantara khasiat dari hizib yang juga kadang disebut hizib latif ini adalah:

Meningkatkan Kharisma dan Wibawa

Bisa dikatakan, ini merupakan khasiat utama dari hizib khofi. Bagi siapapun yang mengamalkan hizib ini, Insya Allah akan mendapatkan charisma dan wibawa yang berkali-kali lipat. Karenanya bagi Anda yang merasa sering diremehkan, dikerdilkan, dan dikucilkan orang lain sangat cocok untuk mengamalkan hizib ini.

Selain itu hizib ini pun sangat cocok diamalkan oleh Anda yang merupakan para guru, pengusaha dan penguasa. Karena nantinya para murid, bawahan, dan masyarakat Anda semakin lebih taat dan terikat kepada aturan yang anda buat. Selain itu Anda pun akan lebih disegani baik oleh kawan dan lawan.

Menambah Percaya Diri

Kemudian bagi Anda yang merasa kurang percaya diri dan minder dalam melakukan suatu aktivitas, maka hizib ini sangat cocok anda dawamkan. Hizib ini insya Allah dapat menghilangkan Anda dari rasa was-was, cemas, dan gelisah saat Anda sedang menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menolak Bala

Berikutnya dengan mengamalkan hizib ini juga, insya Allah Anda dapat terhindar dari segala macam bala, musibah dan marabahaya yang mungkin akan menjumpai Anda dalam kehidupan. Meskipun nanti misalnya Anda tertimpa musibah, Insya Allah anda tidak akan mengalami musibah yang cukup parah.

Bacaan

Tawassul

إِلَى حَضْرَةِ النَّبِىِّ الْمُصْطَفَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى ألِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ الْفَاتِحَةِ….

ثُمَّ إلَى حَضْرَةِ الشَّيْخِ اْلإِمَامِ سَنُوْسِى وَاْلإمَامِ أبِى الْحَسَنِ اَلشَّاذَلِى وَإِلَى شَيْخِ الْعَارِفْ آمْبَاهْ سَنُوْسِى آمْبَاهْ يٰسٓ  آمْبَاهْ أحْمَدْ بَشِيرْ قَدَّسَ اللـَّهُ سِرَّهُمْ وَنَوَّرَ ضَرِيْحَهُمْ وَيُعْلِى دَرَجَاتِهِمْ وَأَعَادَ عَلَيْنَا مِنْ بَرَكَاتِـهِمْ شَيْئٌ لِلَّـهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةِ ….

Hizib Khafi

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

بِخَفِىِّ لُطْفِ اللَّـهِ بِلَطِيْفِ صُنْعِ اللَّـهِ بِجَمِيْلِ سِتْرِ اللَّـهِ دَخَلْتُ فِى كَنَفِ اللَّـهِ وَتَـشَفَعْتُ بِرَسُوْلِ اللَّـهِ صَلَّى اللَّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِدَوَامِ مُلْكِ اللَّـهِ بِلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاللَّـهِ الْعَلِىِّ الْعَظِيْمِ بِيَاهٍ بِيَاهٍ أَهِيْلٍ أَهِيْلٍ أَهْيَاشٍ أهْيَاشٍ حَجَبْتُ نَفْسِ بِحِجَابِ اللَّـهِ وَمَنَعْـــتُــهَا بِأَيَاتِ اللَّـهِ وَبِالْأَيَاتِ الْبَـــيِّــنَاتِ بِحَقِّ مَنْ يُحْيِ الْعِظَامَ وَهِىَ رَمِيْمٌ (اَللَّـهُ أكْبَرُ 3) وَجِبْرِيْلُ وَمِيْكَائِلُ وَإسْرَافِيْلُ وَعِزْرَائِــيْلُ فِى حِرْزٍ بَدَنِى وَسَيِّــدُنَا وَحَبِــيْــبُــنَا وَشَفِيْعُنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّـهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أمَامِى. وَعَصَى مُوْسَى فىِ يَدِىْ فَمَنْ رَآنِى يُــهَابُنِى (خَــتَمَ اللَّـهُ عَلَى قُلُوْبِــهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ )3 . وَخَتَمُ سُلَيْمَانَ عَلَى لِسَانِى فَمَنْ تَــكَــلَّمْتُ إلَيْهِ قَاضَى حَاجَاتِى. وَنُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِىْ فَمَنْ رَآنِى يُحِبُّــــنِى وَاللَّـهُ مِنْ وَّرَآئِــهِمْ مُحِيْطٌ بِى وَاللَّـهُ الْـمُسْتَعَانُ عَلَى أعْدَآئِـى وَلَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاللَّـهِ الْعَلِىِّ الْعَظِيْمِ. وَصَلَّى اللَّـهُ عَلَى نَبِـــيِّى اْلأُمَّةِ وَكَاشِفِ الْغُمَّةِ وَعَلَى ألِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَــثِيْرًا وَاْلحَمْدُ لِلَّـهِ رَبِّ الْعَالَـمِيْنَ.

Tata Cara Pengamalan

  • Pertama: Terlebih dahulu Anda melakukan puasa selama 1 hari.
  • Kedua: Saat berpuasa, bacalah hizib khofi ini sebanyak 99x
  • Ketiga: Sebelum memulai membaca hizib khofi, bertawasullah terlebih dahulu kepada Nabi Muhammad SAW, Syaikh Abdul Qadir Jailani, dan Syakih Abu Al-Hasan Asy-Syadzali.
  • Keempat: Ketika waktu berbuka usahakan meminum air putih dahulu. Setelah itu langsung shalat maghrib. Setelah shalat, barulah makan apapun yang Anda inginkan.
  • Kelima: Setelah melakukan amalan pembuka yaitu puasa selama 1 hari, Anda bisa langsung membaca dan mengamalkan hizib khofi setiap harinya. Adapun waktunya dilakukan setiap bakda shubuh dan bakda maghrib.

Bagaimana sudah jelas informasi mengenai hizib khafi? Kami sarankan untuk Anda yang ingin mengamalkan hizib ini, untuk mendapatkan ijazah terlebih dahulu sebelum mengamalkan hizib khafi.

Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga:

Hizib Sakron: Pengertian, Khasiat, Bacaan & Tata Cara Pengamalan

Tinggalkan komentar