Hizib Maghrobi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, & Cara Pengamalan

Salah satu hizib yang populer di tengah umat Islam adalah Hizib Maghrobi. Kumpulan bacaan ini memiliki memiliki khasiat yang tentunya atas izin Allah SWT bisa Anda dapatkan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seluk beluknya.

Pengertian

Hizib maghrobi adalah kumpulan zikir yang cukup masyhur di kalangan pecinta dzikir, khususnya orang-orang yang mendalami ilmu hikmah. Pengamalan hizib ini bahkan bisa dikatakan sangat sering lakukan pegiat ahli hikmah karena memiliki banyak fadhilah atau khasiat.

Selain itu hizib maghrobi bukan hanya bisa sekedar diamalkan sebagai sarana beribadah saja, namun bisa pula diamalkan sebagai bentuk munajat kepada Sang Maha Pencipta.

Adapun mengapa kemudian hizib ini dinamakan sebagai Hizib Maghrobi, hal ini dikarenakan sang penyusun kumpulan dzikir ini yaitu Syaikh Maulana Muhammad adalah seseorang yang berasal dari Maghrib. Negeri maghrib ini kalau di zaman sekarang merupakan sebuah negara di bagian Utara Afrika yaitu Negara Maroko.

Khasiat Hizib Maghrobi

Setiap hizib yang diamalkan oleh seseorang maka ada khasiatnya tersendiri, tak terkecuali dengan Hizib Maghrobi. Ada banyak sekali khasiat yang akan didapatkan setiap orang yang rutin mendawamkan hizib yang satu ini. Khasiat tersebut antara lain adalah:

Membentengi diri dari ilmu sihir

Sudah bukan lagi menjadi rahasia umum, bahwa di Indonesia ini ritual sihir atau perdukunan masih menjadi kegiatan yang lazim. Para dukun tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satu diantara praktik perdudukunan adalah ilmu santet. Nah, hizib ini dapat membentengi Anda dari santet bilamana ada rekan atau kawan yang membenci Anda mencoba untuk mengganggu Anda dengan cara santet.

Menghindari segala tipu daya musuh

Berikutnya Anda juga dapat terhindar dari segala upaya busuk musuh-musuh Anda yang ingin menjatuhkan kehidupan Anda. Perlu anda catat, bahwa Anda hidup di dunia ini pasti selalu memiliki musuh. Terkadang musuh tersebut bisa saja merupakan orang terdekat Anda. Dan tentu itu merupakan perkara yang sangat berbahaya. Nah dengan mengamalkan hizib ini, insya Allah anda akan selamat dari tipu daya setiap musuh-musuh Anda.

Memutarbalikkan kejahatan kepada empunya

Kemudian hebatnya lagi selain dapat membentengi diri dari ilmu sihir dan tipu daya musuh, hizib ini juga insya Allah dapat membalikkan keadaan. Keburukan yang awalnya mengincar hidup Anda, akan berbalik untuk menyerang empunya sendiri. Hal ini tentu suatu hal yang luar biasa.

Menambah kewibawaan

Selain 3 hal diatas, hizib ini juga mampu meningkatkan wibawa dan charisma Anda di depan banyak orang. Misalnya saja bagi Anda yang merupakan seorang pemimpin, hal ini tentu sangatlah bermanfaat. Karena dapat meningkatkan rasa percaya diri di hadapan bawahan yang ada pemimpin. Atau misalnya bagi seorang pembicara, dengan membaca hizib ini Anda akan semakin lebih didengar oleh setiap jamaah Anda.

Mempermudah setiap urusan

Kemudian Anda juga akan dimudahkan dan digampangkan dalam menjalani segala urusan yang Anda hadapi. Baik itu urusan yang berat ataupun kecil. Insya Allah urusan tersebut akan berlalu dengan mudah tanpa halangan dan rintangan yang berarti.

Cara Pengamalan Hizib Maghrobi

Sejatinya ada beberapa pendapat menurut para ahli hikmah mengenai cara pengalaman hizib ini. Namun disini kami akan coba menyajikan cara pengamalan yang paling umum dilakukan. Cara tersebut antara lain:

  • Untuk membuka amalan pertama, Anda harus mengamalkan hizib ini terlebih dahulu (teks bacaan dibawah) secara rutin selama 3 atau 7 hari.
  • Setiap bacaan nantinya wajib dibaca sebanyak 500x yang dilakukan secara berurutan (seperti teks dibawah).
  • Setelah membuka amalan pertama, maka nantinya hizib ini tidak perlu didawamkan setiap hari. Melainkan cukup dengan mengamalkannya setiap malam jum’at atau setiap sebulan sekali yang dilakukan pada malam jum’at

Bacaan Hizib Maghrobi

1.  Ilaa hadhratin nabiyyil musthafaa sayyidinaa wa habiibinaa wa syafii’inaa rasuulillaah muhammad ibni ‘abdillaah shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam, al faatihah…

2. Ilaa hadhratil malaaikatil muqarrabiin wa hum jibraaiil wa mikaaiil wa israafiil wa ‘izraaiil wa munkar wa nakiir wa raqiib wa ‘atiid wa malik wa ridhwaan, al faatihah…

3. Ilaa arwaahisy syaikh ‘abdul qaadir al jaylaanii qaddasallaahu sirrahul ‘aziiz, al faatihah…

4. Ilaa khushuushan (yang sudah mengijazahkan amalan maghrobi ini) al faatihah.

5. Ilaa khushuushan……. (ucapkan nama lengkap Anda dan ibu Anda), al faatihah…

6. Bismillahirrohmanirrohim

7. Waidza bathosthum bathosthum jabbarin

8. Ya qowiyyu ya matin

9. Allohumma sholli ala Muhammad

10. Ya Bathin

11. Ya Ghoni

Yah itulah ulasan kami mengenai Hizib Maghrobi. Sebaiknya, untuk pengamalannya dilakukan terlebih dahulu dengan mendapatkan ijazah. Kami tidak menyarankan jika tidak demikian.

Baca Juga:

Hizib Nawawi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, & Cara Pengamalannya

3 pemikiran pada “Hizib Maghrobi: Pengertian, Khasiat, Bacaan, & Cara Pengamalan”

  1. Assalamualaikum mohon izin untuk mengamalkannya, qobiltu qobiltu, semoga berkah selalu dan mendapatkan Ridho Allah, aminya robbal alamin

    Balas

Tinggalkan komentar