25+ Kata Kata Donasi Untuk Berbagai Tujuan (Lengkap)

Kata Kata Donasi

Kata kata donasi merupakan hal penting untuk mendorong orang-orang di sekitar Anda berkontribusi dalam menyumbang sesuatu. Baik itu berupa dana, pakaian, obat-obatan, buku, dan berbagai barang lain yang masih memiliki nilai manfaat.

Dengan kata kata untuk meminta sumbangan yang tepat dan bijak, insya Allah Anda bisa lebih mudah menyentuh mereka. Selama tidak digunakan untuk menipu atau memperkaya diri sendiri, mudah-mudahan upaya Anda mendapatkan sumbangan berbuah pahala yang besar.

Kata-Kata Donasi yang Baik

Untuk meramu caption untuk donasi yang tepat, Anda mungkin perlu untuk memahami standar kata kata bijak donasi yang baik dan benar.

Berikut standarnya:

  • Bersifat persuasif; persuasif maksudnya mempengaruhi.
  • Tidak memaksa; meski mengajak, sebaiknya tidak bernada paksaan sehingga orang-orang malah ilfeel ketika mendapatkan ajakan dari Anda.
  • Jelas; gunakan kalimat yang tidak ambigu dan menimbulkan tafsir yang beragam. 
  • Singkat; jangan terlalu panjang, karena menurut berbagai data, minat baca masyarakat kita masih rendah.

Kata Kata Donasi untuk Anak Yatim

Mengurus anak yatim adalah pahala yang besar. Selama Anda tidak secara zalim memakan hartanya, menggunakan kata kata donasi untuk anak yatim ini bisa berbuah berkah.

Berikut contoh kata kata donasi untuk anak yatim:

“Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin, memberikan mereka makan dan minum, pasti Allah memasukkannya ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.”

(HR Tirmidzi)

Mau jadi Teman Rasulullah Saw di surga? Jadilah pecinta anak yatim. Rasul Saw bersabda: “Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.”

(HR Bukhari)

“Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya.”

(HR. Thabrani dari Abu Hurairah)

Menyantuni anak yatim tidak akan pernah merugi. Keberkahannya akan mengalir hingga surga nanti. Selagi kelapangan Allah SWT berikan, sisihkanlah untuk mereka sebagian rezeki.

Bayangkan jika Anda menjadi mereka. Tiada beribu dan berayah sejak masih belia. Uluran tangan Anda pasti sangat berharga dan membahagiakannya.

Kata Kata Donasi untuk Orang Sakit

Semua manusia pasti akan mengalami sakit. Sayangnya, tidak semua punya kesempatan untuk berobat karena biaya yang mungkin tak terjangkau. Semoga upaya Anda menggalang dana untuk orang sakit berbuah pahala.

Berikut contoh kata kata donasi untuk orang sakit:

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat.” (H.R. Bukhari)

Sehat adalah nikmat yang tiada terkira. Namun, itu tak akan selamanya.  Jika kita berbagi pada yang mereka yang kini sakit, semoga kemudahan menyertai kita di kala mengalaminya.

Ringankan beban mereka yang kesusahan, agar beban kita kelak berkurang di masa depan. Yuk kurangi rasa sakitnya dengan sedikit rezeki yang kita punya!

Manfaatkan nikmat ketika sehat dengan memberi kepada yang sakit, agar kelak ketika sakit orang-orang lain juga mau berbagi nikmat.

Kata Kata Donasi Meninggal

Keluarga dari orang-orang yang meninggal pasti diliputi dengan kesedihan. Mereka pasti membutuhkan semangat dan dorongan orang-orang terdekat. Salah satunya adalah dengan memberikan santunan berupa dana.

Berikut ini kata kata donasi meninggal:

Saudara kita (Nama) sedang diliputi kesedihan. Kiranya kita yang hari ini masih dinaungi oleh kehidupan yang membahagiakan berkenan untuk memberikan santunan. Semoga ini mampu membangkitkan lagi semangat saudara kita. Meski sedikit, mudah-mudahan jadi bentuk kepedulian.

Innalilillahi wainna ilayhi raajiun, teman kita baru saja berpulang hari ini. Esok hari, mungkin saya, kamu, atau orang-orang terdekat kita. Coba bayangkan, betapa berduka orang-orang yang ada disekitarnya. Sebagai bentuk kepedulian, saya mengajak untuk menghimpun donasi bagi keluarga yang ditinggalkan.

Sebagaimana kita ketahui, almarhum/almarhumah adalah sosok yang baik semasa hidupnya. Tak sedikit dari kita yang merasakan kebaikan-kebaikannya yang memberikan kesan mendalam. Ketika kini almarhum/almarhumah sudah tiada, alangkah baiknya jika kita membalas kebaikannya dengan doa serta santunan kepada keluarganya.

Saudara-saudaraku, meninggalnya almarhum tentu membekaskan luka mendalam. Terutama, bagi istri dan 5 anaknya. Untuk meringankan beban kesedihan dan hidup keluarga yang ditinggalkannya, marilah kita menyisihkan sebagian dana untuk keluarga almarhum yang semasa hidupnya selalu berbuat baik. 

Kata Kata Donasi Bantuan Bencana

Tidak ada yang mengharapkan bencana. Ketika ada yang tertimpa musibah ini, mereka pasti kaget dan sedih. Apalagi jika mereka kehilangan tempat tinggal serta pakaian-pakaian yang bagus.

Untuk mendorong orang berempati, berikut kata kata donasi bantuan bencana:

Banjir besar telah menyapu rumah mereka. Kini, mereka mengungsi dan tak bisa tinggal di rumahnya. Mereka membutuhkan uluran tangan kita semua. Mari kita bergotong royong untuk kebaikan bersama.

Gempa kembali mengguncang negeri. Rumah dan bangunan luluh lantak tak bersisa. Saudara kita kini tak punya tempat tinggal untuk singgah dan berlindung. Tunjukan kepedulianmu, ekspresikan empatimu, mari bersama kita bantu.

Longsor telah membuat tempat tinggal mereka rubuh tersapu tanah. Rumah, barang-barang, uang, bahkan nyawa keluarganya meninggalkan mereka. Ayo ringankan penderitaan mereka dengan bantuan kita bersama.

Kata Kata Donasi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah menyertai kita dalam waktu yang cukup lama. Korban-korban yang berjatuhan tentu hal yang menyedihkan. 

Jika Anda ingin menggalang donasi, mungkin bisa pertimbangkan kata kata donasi Covid-19 berikut.

Saudaraku, teman kita saat ini terkena Covid-19 dan harus menjalani Isolasi Mandiri sekeluarga. Mereka tak bisa keluar rumah dan membeli berbagai bahan makanan untuk menunjang kesehariannya. Bagi yang berkelapangan rezeki, mari kita sisihkan sebagian makanan dan minuman lezat untuk diberikan kepada teman kita tercinta.

Innalillahi wainna ilyahi raajiun, telah berpulang teman kita bersama karena terkenda virus Covid-19. Almarhum kini meninggalkan putra putri yang masih harus dihidupi. Mengingat segala kebaikannya, marilah kita bersama-sama mengumpulkan dana untuk meringangkan kehidupan anak-anak yang ditinggalkannya.

Pandemi Covid-19 telah memaksa para pedagang jalanan tak bisa berlalu lalang. Omset dan pendapatan  mereka pasti menurun bahkan hilang. Bayangkan jika mereka adalah teman kita, keluarga kita, atau bahkan kita sendiri. Maka, marilah kita berempati dengan mendonasikan sebagian harta untuk meringankan beban mereka.

Kata Kata Donasi Masjid

Membangun masjid agar nyaman menjadi tempat beribadah adalah amalan berfaedah. Insya Allah, orang yang berusaha mengumpulkan dana untuk pembangunannya juga mendapat berkah.

Berikut ini beberapa kata kata donasi masjid yang bisa Anda gunakan:

Rasulullah Saw bersabda:“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari). Marilah kita persiapkan rumah terbaik kita di surga-Nya!

Rasul Saw bersabda: “Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah). Saudara, siapa yang ingin mendapatkan keutamaan itu? Jika Anda salah satunya, mari sisihkan sebagian harta untuk kebahagiaan di surga-Nya.

Semua muslim pasti ingin ketika meninggal pahala kebaikannya terus mengalir deras tiada henti. Menyisihkan sebagian harta untuk masjid adalah satu cara untuk mendapatkannya. Maka, marilah kita lakukan itu untuk mewujudkan kebahagiaan baik di akhirat maupun dunia.

Pemuda yang selalu tertaut hatinya dengan masjid adalah pemuda yang kelak akan dinaungi oleh Allah SWT di hari ketika tak ada naungan selain naungan-Nya. Marilah memakmurkan masjid dengan shalat berjamaah, belajar Islam secara kaffah, dan ikhlas bersedekah.

Kata Kata Donasi Palestina

Palestina saat ini masih dijajah. Mereka di Palestina kesulitan mengakses berbagai hal. Sudah selayaknya mereka mendapatkan donasi yang mampu meringankannya.

Berikut ini kata kata donasi Palestina yang bisa Anda pakai:

Gaza kembali berduka. Ingatlah bahwa sesama muslim bersaudara, mereka membutuhkan uluran tangan kita. Mari satukan gerak dan langkah untuk memberikan donasi terbaik kita bersama.

Bayangkanlah anak-anak Palestina itu anak-anak kita. Dalam pekatnya malam, suara rudal pecah di langit, bercerai berai dengan ayah ibunya mereka kelaparan dan ada dalam tekanan. Sungguh, akidah Islam memanggilmu untuk meredakan deritanya. Ulurkan tangan Anda sekarang juga.

Umat Islam itu bagai satu tubuh. Jika muslim Palestina ditindas di luar sana, sakitlah hati kita semestinya. Jangan biarkan penderitaan mereka tak mereda. Mari kita ringankan mereka dengan donasi meski tak seberapa.

Nah, itulah kata kata donasi yang bisa Anda gunakan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar